Sabtu, 20 Maret 2010

Sampah Bantar Gebang Akan Jadi Listrik

Sampah Bantar Gebang 


JAKARTA, KOMPAS.com — Timbunan sampah di Tempat Pemusnahan Sampah Terpadu Bantar Gebang atau TPST Bantar Gebang, Bekasi, Jawa Barat, akan segera diubah menjadi sumber energi. Di lokasi itu akan didirikan pembangkit listrik baru bertenaga sampah atau PLTS.

PLTS rencananya akan dikembangkan untuk menghasilkan tenaga listrik 26 MW. Sampah memang tidak beperan langsung menghasilkan listrik, tetapi diproses dulu untuk menghasilkan gas metan yang akan diubah menjadi energi listrik.

Mula-mula, sampah-sampah dari TPST Bantar Gebang dikumpulkan dan diolah melalui sebuah proses pengolahan yang disebut control and sanitary landfill, yakni proses penguraian, penutupan, dan pemanasan sampah untuk menghasilkan gas metan.


Gas metan yang dihasilkan kemudian akan dikumpulkan dan digunakan sebagai bahan bakar generator penggerak PLTS. Untuk menghidupkan dan menggerakkan sebuah generator PLTS per jam dibutuhkan gas metan hasil olahan dari sekitar 1.000 kubik sampah.

"Untuk menghidupkan dan menggerakkan generator butuh lebih kurang 1.000 kubik sampah per jamnya," kata Manajer TPST Bantar Gebang August PL Toruan, saat ditemui di Kantor TPST Bantar Gebang, Bekasi, Senin (8/3/2010).

Ia menambahkan, selain diolah dan dimanfaatkan sebagai bahan bakar generator penggerak PLTS, sampah-sampah di Bantar Gebang ini rencananya juga akan didaur ulang agar bisa kembali dimanfaatkan oleh masyarakat.

"Kalau sampah-sampah jenis lain diolah melalui proses control and sanitary landfill untuk menghasilkan gas metan sebagai bahan bakar generator PLTS, khusus untuk sampah plastik di Bantar Gebang akan diolah melalui proses recycling. Sampah-sampah ini akan kami lebur kembali menjadi bijih-bijih plastik. Yah, mungkin nanti kami akan kerja sama dengan perusahaan atau pabrik tertentu untuk mengolah bijih-bijih plastik itu nantinya menjadi barang-barang yang bisa kembali dipakai masyarakat," tandas August.


Laporan wartawan PURI
Senin, 8 Maret 2010 | 18:24 WIB
http://megapolitan.kompas.com/read/2010/03/08/18241526/Sampah.Bantar.Gebang.Siap.Jadi.Listrik

Tidak ada komentar: