Rabu, 10 Oktober 2007

MILIST KA STTL "YLH"

Om/Tante alumnus/mahasiswa/pengelola KA STTL "YLH",

Sudahkah Om/Tante bergabung dalam Milis
KA STTL "YLH" ? Milis KA STTL adalah medium komunikasi berbentuk milis (electronic mailing list) khusus bagi para alumni, mahasiswa, dan pengelola KA STTL. Untuk bergabung dalam Milis, kirim email kosong ke alumni_sttl-subscribe@yahoogroups.com (subject dan body dari pesan email tersebut tidak perlu diisi). Ajak juga rekan-rekan alumni, mahasiswa, dan pengelola KA STTL lain untuk ikut bergabung dalam Milis.

Setelah Om/Tante bergabung, pesan-pesan yang dimuat dalam Milis akan otomatis dikirim ke alamat email Om/Tante dengan subject berawalan "[alumni_sttl]". Jika menerima pesan secara satu per satu dirasa mengganggu, silakan berlangganan alumni_sttl Digest, yaitu kumpulan pesan yang dimuat dalam satu hari. Caranya? Kirim email kosong ke
alumni_sttl-digest@yahoogroups.com (Kelak untuk kembali menerima secara normal, kirim email kosong ke alumni_sttl-normal@yahoogroups.com).

Untuk memuat pesan dalam Milis, Om/Tante bisa mengirimkan pesan tersebut ke
alumni_sttl@yahoogroups.com. Attachments tidak ikut dimuat. Perlu diperhatikan netiket (netiquette) dalam mengirimkan pesan (termasuk reply). Om-Om Admin (kami para administrator Milis) sebenarnya tidak suka pada aturan-aturan, namun ini dirasa perlu diadakan mengingat besarnya jumlah anggota Milis dengan minat dan keterbatasan masing-masing. Berjalan baiknya suatu milis tentu saja sangat tergantung dari kerja sama para anggotanya:

1. Perihal Perkenalan Diri
- Om/Tante tidak perlu mengirim pesan yang khusus berisi perkenalan diri.
- Sebaiknya selalu mencantumkan nama dan angkatan dalam setiap pesan.

2. THE TRADITION OF QUALITY
Jaga agar pesan berkualitas dan sekiranya relevan bagi alumni, mahasiswa, dan pengelola KA STTL YLH.
Contoh:
- Jangan melakukan spamming, seperti mengirim iklan, surat berantai, pesan coba-coba, dan forward-forward yang tidak relevan. Misalnya, forward mengenai virus mesin cuci atau bayi yang terkena kanker mungkin menarik bagi Om/Tante tetapi barangkali tidak bagi anggota Milis yang lain.
- Sebaiknya tidak mengirim pesan "one-liners", seperti "Setuju Om!!!".
- Pesan privat, seperti "Betulkah ini Diah yang dulu suka manjat pohon?", sebaiknya dikirim ke alamat email yang bersangkutan.
- Pesan mengenai permasalahan administrasi atau teknis, seperti "unsubcribe!", seharusnya dikirim ke alamat email Om-Om Admin.

3. Not QUANTITY
Pesan yang terlalu panjang selain bisa menambah beban pulsa atau menimbulkan masalah kantor bagi para anggota Milis yang lain, juga menyebabkan pesan tersebut sulit dibaca. Jaga agar keseluruhan pesan Om/Tante tidak terlalu panjang.
Contoh:
- Jika Om/Tante me-reply, komputer biasanya secara otomatis akan mengutip pesan asli ke dalam reply Om/Tante. Hapuslah semua kutipan ini kecuali bagian-bagian yang relevan dengan reply Om/Tante.
- Jika Om/Tante menyisipkan (dengan cara forward atau copy-paste) tulisan dari luar Milis ke dalam pesan Om/Tante, hapuslah bagian-bagian dari tulisan itu yang tidak relevan.

4. Perihal Subject
Subject dari pesan seharusnya ditulis sedemikian sehingga jelas menggambarkan topik dari pesan tersebut, dan bisa membantu tiap anggota Milis dalam memutuskan perlu membaca pesan tersebut atau tidak. Misalnya, "Bisakah Jadwal Reuni Diubah?" akan lebih jelas daripada sekedar "Halo Om, Halo Tante" atau "Re: Digest Number 89" atau kosong sama sekali.

- Jika Om/Tante me-reply dengan topik yang bergeser dari topik pesan semula, sesuaikanlah subject pada reply Om/Tante.
Misalnya:
Subject dari pesan semula: "Re: [alumni_sttl] Fasilitas Perpustakaan bagi Alumni"
Subject dari reply Om/Tante: "Subsidi BBM bagi Alumni (was: Re: Fasilitas Perpustakaan bagi Alumni)"
Untuk permasalahan administrasi atau teknis seputar Milis,
silakan Om/Tante menghubungi Admin di alumni_sttl
alumni_sttl-owner@yahoogroups.com.

Terima kasih.

Admin

1 komentar:

dormaringan mengatakan...

Dear all,
Great!. Congratulation.
Media ini akan membantu kita mengembangkan komunikasi interaktif.
Terima kasih untuk Ichsan yang sudah menggagas ini.
+dhs+