Kamis, 02 Oktober 2008

Limbah Kaca Jadi Barang Bernilai Ekonomi

Limbah Kaca Jadi Barang Bernilai Ekonomi
[Denpasar.Ekonomi Bisnis] 29.09.2008 18:58 wita

Sanur, Kata sampah dalam bayangan kita adalah sesuatu yang tidak berguna, apalagi sampah kaca. Namun sampah khususnya kaca pada saat sekarang ini dapat meningkatkan ekonomi rumah tangga apabila mengolahnya secara benar, hal tersebut disampaikan pemilik Bali Bagus, Wira Budiasa saat ditemui di Sanur Kaja, Senin (29/9).

Pemanfaatan pecahan kaca atau limbah kaca menjadi sesuatu yang berguna, bahkan bisa dijadikan penyokong ekonomi keluarga. Aktivitas pemanfaatan limbah kaca ini sudah dilakoni sejak tiga tahun lalu oleh Wira Budiasa. Dia bisa seperti sekarang berkat pengalamannya bekerja di beberapa tempat terutamanya yang berkaitan dengan dunia pariwisata dan termasuk binaan secara kontinyu dari Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kota Denpasar.

"Kita sangat bersyukur hidup di Bali yang sudah punya nama bagus di manca negara," kata Wira. Lanjut Wira memanfaatkan sampah dari yang tidak berguna menjadi hasil guna dengan demikian dapat meningkatkan ekonomi rumah tangga.

Disamping dapat membantu meningkatkan perekonomian, pengelolaan sampah terutamanya sampah kaca juga bermanfaat untuk kelestarian lingkungan. Karena kelestarian lingkungan dapat menunjang pembangunan yang berwawasan lingkungan dari pada sampah kaca dibuang sembarangan.

Ditanya hasil produksinya Wira mengungkapkan tergantung orderan, bisa mencapai ribuan begitu juga dengan model yang telah dihasilkan tidak terhitung hampir ribuan jenis yang bisa diolah dari limbah kaca. Bentuknya bermacam-macam dari gelas, pas bunga, botol sampai perlengkapan rumah tangga lainnya.

Pemasarannya sendiri tidak menjadi hambatan. Produk yang dihasilkan lebih banyak dipasarkan ke hotel, restoran dan vila. Tidak sedikit pula hasil produksinya dibeli oleh tamu asing yang kebetulan berlibur ke Bali, maupun langsung melalui email.

Mengenai harga dia memperlakukan harga ritel. Kalau harga satuan ada yang berharga Rp. 50.000,-, jika satu set jenis kendel oman harganya hingga jutaan. (ctg/*)


----------------------------------------------------------------------------
Anda mendapat email ini secara otomatis dari mail server website www.beritabali.com.
www.beritabali.com
---------------------------------------------------------------------------

Tidak ada komentar: