Sabtu, 14 Februari 2009

Nanang Nurjamil. MZ : Buku Prof. BJ Habibie Memberikan Inspirasi

Kegemarannya membaca dimulai sejak Nanang Nurjamil MZ menggeluti profesi konsultan. Banyak maestro dunia telah memberikan inspirasi melalui buku kepadanya, 
salah satunya karya Prof. BJ Habibie.

Awalnya bekerja di salah satu perusahaan konsultan BUMN bernama PT. Indah Karya di Jakarta. Sampai akhirnya Nanang Nurjamil MZ ditugaskan oleh Bank Dunia berangkat ke Sulsel untuk mengerjakan sebuah proyek. Di Makassar lah, Nanang Nurjamil bertemu dengan Dani Pomanto, salah seorang konsultan Makassar, yang kemudian sepakat bekerjasama mendirikan perusahaan yang diberi nama PT. Multi Maestro Desain.

Yang membuat bapak kelahiran Tasikmalaya, 20 April 1965 ini tertarik menekuni profesi konsultan, karena pekerjaan tersebut sangat dinamis dan penuh tantangan. Di dunia konsultan ini, lanjut Nanang (panggilan akrabnya), kita akan cepat sekali menambah referensi teman. Hal tersebut sesuai dengan karakter dirinya yang senang menimba ilmu dan menjalin hubungan baik dengan banyak orang.

Kegemaran Nanang mem-baca dimulai sejak dirinya menggeluti profesi konsultan. Ada dua jenis buku yang sangat digemari Nanang, yaitu yang berkaitan dengan rekayasa engineering dan manajemen. Buku rekayasa engineering digemarinya karena terkait dengan bisnis yang dijalani. Sedangkan buku manajemen, terkait dengan bagaimana sikap dirinya sebagai pimpinan perusahaan. “Memimpin dan menjalankan suatu perusahaan, harus berdasarkan konsep manajemen yang jelas,” ujar Nanang.

Untuk buku rekayasa engineering, Nanang mengaku suka dengan buku-buku karya Prof. BJ. Habibie. Melalui buku-buku tersebut, dirinya banyak sekali mendapatkan ilmu yang sangat berharga, salah satunya adalah mengenai teori hedrolika engineering. Ilmu ini pula yang dia terapkan dalam aplikasi pekerjaan di perusahaan yang dipimpinnya. Buku karya Prof. BJ Habibie termasuk buku yang jarang dijual, tetapi sangat dicari oleh Nanang. Untuk buku luar negeri, Nanang menyukai karya Hardamsing, seorang penulis dari India.

Sedangkan untuk buku manahemen, Nanang menyukai karya JF Daming. Pemikiran dari JF Daming banyak diterapkan dalam konsep manajemen perusahaannya, salah satunya dengan menerapkan konsep standar ISO. Dalam bukunya, JF Daming banyak berbicara tentang Total Quality Management (TQM). Di TQM ini kepuasan pelanggan menjadi hal yang diutamakan. Diakui Nanang, perusahaannya saat ini memiliki corporat culture yaitu the best for our customer satisfaction. Dalam hal ini, kita akan memberikan pelayanan yang terbaik untuk customer, yang dibagi menjadi dua yaitu customer internal dan eksternal.

Selain membaca buku, Nanang juga rajin membaca beberapa jurnal yang di download melalui handpone blackberry miliknya. Kalau sedang men-download jurnal, Nanang suka lupa diri. Beberapa kali dirinya harus mengeluarkan biaya sebesar Rp 15 juta sebulan untuk kebutuhan tersebut. Nilai tersebut memang mahal kalau dilihat dari angka, tapi dari segi reward yang didapatkan, nilai tersebut menurut Nanang, tidak akan ada apa-apanya.


* BIODATA

Nama : Nanang Nurjamil. MZ
Lahir : Tasikmalaya, 20 April 1965
Pekerjaan : Direktur Utama PT. Multi Maestro Desain
Istri : Oche Rosmiati
Anak : 3 Orang

Organisasi :
  1. Ketua Litbang dan Hubungan Luar Negeri Gapensi Sulsel
  2. Ketua Litbang Perkindo
  3. Anggota Partai Golkar Makassar
  4. Ketua dan Pendiri Pengobatan Hipnotherapy Qurani Silahul Mukmin
Pendidikan :
  1. Diploma 3 di LPPU Bandung.
  2. Sarjana Strata Satu di Sekolah Tinggi Teknik Lingkungan Yogyakarta.
  3. Sarjana Strata Dua di Unhas Makassar.
 
 Sumber : http://makassarterkini.com/Jejak-Langkah.php

Tidak ada komentar: