Kamis, 22 Mei 2008

Global Warming

LET'S WE ALL DO THAT

BEFORE IT'S TOO LATE


PLEASE HELP TO DECREASE GLOBAL WARMING...!!!

1. Melepas stop-kontak perangkat listrik walaupun ketika alat elektronik itu dimatikan = menghemat 40-50% daya listrik. Selain menghemat bayar listrik, itu berarti pula, mengurangi panas yang timbul dari alat elektronik yang merembet ke pemanasan global.


2.
Kantong plastik butuh waktu 1.000 tahun untuk terurai di TPA(Tempat Pembuangan Akhir) wow!!!. Sekitar 300 juta buah kantong plastik dibuang tiap tahunnya di TPA di Indonesia. Belum lagi yang dibuang di sungai-sungai dan tempat-tempat yang tidak semestinya.

3. Ketika kamu membeli 1 liter air mineral di supermarket = beli 5 liter air. Tanya kenapa...? Karena di pabrik, untuk mendinginkan botol plastik panas yang baru dicetak, membutuhkan 5 liter air... ck.. ck.. cck..

Kode botol apa yang aman digunakan sebagai botol air ? Lihat tanda di bagian bawah botol itu... tuuuh yang ada gambar SEGITIGA recycle, nah di dalam segitiga itu ada nomornya, cari yang nomor 2, 3 atau 4... selain nomor-nomor itu... THEY'RE NOT SAFE, artinya sama aja kita makan sampah plastik...!!! Nomor itu menunjukkan BERAPA KALI botol plastik itu sudah di recycle. (ayo cek... botol atau cangkirnya masing2)


4. 10 kg kertas koran yang siap di jual loakan... itu membutuhkan 1 pohon yang butuh waktu 10 tahun untuk jadi besar.
Bayangkan yang terjadi dengan ilegal logging... how many trees has been cut down for you ? Imagine how they make the world hotter ? Jadi, pakai kertas di kedua sisinya, yah, karena toh kita agak nggak mungkin untuk
berhenti pakai kertas.
(sepertinya harus segera di galakkan di kampus hijau kita nih.. )..

5. Tisue yang sudah di pakai itu ngga bisa di recycle... begitu juga karton-karton bekas yang kena minyak, makanan, kue, minuman... They're only a waste...! Mau tidak mau tanahlah yang harus me-recycle. Perkiraan orang memakai tisue 6 lembar sehari or 2.200 lembar setahun. Berarti kira-kira 44 MILIAR lembar seluruh Indonesia setahun... Kalau kita menghemat 1 lembar aja tiap hari... berarti kita mengurangi sampah kertas sebanyak 7 MILIAR biji setahun... HEBAT KAN...? Kalau memungkinkan, bawa sapu-tangan aja kemana-mana. ( ayo cewek2.... jangan beli tisue lagi..)

6. Be Green on ATM... kalau di ATM kan ada yang ambil uang tidak pakai receipt... atau be smart dong... transfer lewat Internet banking atau mobile banking.... 8 MILIAR kali transaksi di ATM yang mengeluarkan kertas receipt tiap tahun adalah salah satu sumber sampah terbesar di dunia. Kalau selama setahun orang transaksi tidak pakai kertas receipt, itu akan menghemat satu roll besar kertas yang bisa buat melingkari garis equator sampe 15 kali...! (kebayang ga seeehhh)

7. Minimal punya 2 macam tempat sampah di rumah, membantu mengurangi polusi air, udara dan tanah. Pisahkan sampah basah (sisa makanan dan masakan, daun, minuman) dan sampah kering ( botol, plastik, kertas, kaca) Lebih baik lagi untuk memisahkan sampah menurut 4 kelas :

- PLASTIK (pembungkus makanan, kantong kresek, kantong belanjaan)
- RUMAH TANGGA (tulang ayam, sisa capcay, makanan basi)
- KERTAS (pembungkus gorengan, popok bayi, tisue yang sudah dipakai)
- Buku bekas catatan, kertas nota tagihan, koran, kertas iklan... dipisahkan untuk DIJUAL !

- LOGAM & KACA (kaleng susu, kaleng makanan)


Hanya butuh waktu 2 bulan untuk menjadikan sampah rumah tangga menjadi kompos yang bisa dipakai lagi untuk pupuk tanaman...

Polar bear (Beruang kutub) yang lucu itu nggak bisa berenang... tapi karena global warming di Kutub Utara maka mereka harus berenang 30 km untuk mencari es tempat berteduh... kasihan sekali !

Watch DISCOVERY CHANNEL : PLANET EARTH... pasti nangis deh melihat perjuangan seekor beruang kutub yang akhirnya mati karena kelelahan mencari daratan.

Is this the world you will leave for your children...?

Save the world, save our lifes, save our children...!

Regards,

Abdi Setya Pama, ST

HSE Dept.

PT Perkasa Inakakerta coal Project,

Bengalon Site - East Kalimantan

www.bayan.com.sg

Phone : +62-541 878669/ 670

Mobile : +62-819 77799880

+62-813 68973669


Tidak ada komentar: